Hewan yang punah abad ke-20 (Animals extinct in the 20th century)

Yoo selamat datang kali ini saya akan berbagi info nih tentang spesies hewan yang punah pada abad ke-20 (tahun 1901 sampai tahun 2000). Apa aja sih hewan yang sudah menghilang ketika sebelum terjadinya perang dunia I hingga akan memasuki abad ke-21, berikut infonya.

ROCKY MOUNTAIN LOCUST (Melanoplus spretus)
Rocky Mountain locust  adalah spesies belalang besar Pegunungan Rocky di bagian barat Amerika Serikat dan beberapa bagian barat Kanada yang dinyatakan punah pada tahun 1902. Sejak lenyapnya spesies ini, Amerika Utara sekarang merupakan satu-satunya benua tanpa spesies belalang besar, selain Antartika.

HONSHU WOLF (Canis lupus hodophilax)

Serigala Honshū adalah subspesies dari serigala abu-abu yang pernah punah di pulau Honshu, Shikoku, dan Kyūshū di kepulauan Jepang. Serigala Honshū diduga punah akibat penyakit rabies dan pemusnahan oleh manusia. Spesimen terakhir serigala ini meninggal pada tahun 1905 di prefektur Nara.

TARPAN HORSE (Equus ferus ferus)
Tarpan atau dikenal juga sebagai kuda liar Eurasia, merupakan subspesies kuda liar. Kuda terakhir dari subspesies ini meninggal di penangkaran di Rusia pada tahun 1909 dan dinyatakan telah punah.

PASSENGER PIGEON (Ectopistes migratorius)
The passenger pigeon atau merpati penumpang adalah spesies merpati endemik di Amerika Utara yang punah karena perburuan liar besar-besaran. Merpati penumpang terakhir, meninggal pada tanggal 1 September 1914, di Kebun Binatang Cincinnati.

CALIFORNIA GRIZZLY BEAR (Ursus arctos californicus)

California grizzly adalah subspesies grizzly yang punah tahun 1924. Di California, ini sangat dikagumi karena keindahan, ukuran, dan kekuatannya.

CAUCASIAN WISENT (Bison bonasus caucasicus)
Bison Kaukasia  adalah subspesies bison yang mendiami Pegunungan Kaukasus di Eropa Timur. Bison ini diburu oleh harimau Kaspia dan singa di Kaukasus, serta pemangsa lainnya seperti serigala, beruang hingga manusia dan akhirnya telah punah pada tahun 1927.

DARWIN’S RICE RAT (Nesoryzomys darwini)
Darwin’s rice rat atau dikenal juga tikus Galápagos Darwin adalah spesies hewan pengerat dalam genus Nesoryzomys yang tinggal di Santa Cruz Island di Kepulauan Galápagos. Tikus ini dinyatakan punah tahun 1930, kepunahan ini mungkin disebabkan oleh persaingan dan penyakit.

HEATH HEN (Tympanuchus cupido cupido)
Heath hen adalah subspesies khas ayam padang rumput di wilayah Amerika Utara yang punah pada tahun 1932. Spesies ayam ini punah akibat perburuan marak untuk dijadikan makanan bagi masyarakat.

DESERT RAT-KANGAROO (Caloprymnus campestris)
Tikus kanguru atau juga disebut tikus kangguru padang pasir adalah marsupial endemik di daerah gurun di Australia Tengah. Hewan ini punah akibat rubah merah serta perburuan berlebih oleh penduduk asli Australia dan dinyatakan telah punah pada 1935

TASMANIAN TIGER (Thylacinus cynocephalus)
Harimau Tasmania atau sering disebut serigala Tasmania atau Thylacine adalah marsupial karnivora masa modern yang pernah dikenal di wilayah Australia, Tasmania dan New Guinea. Binatang ini disebut Harimau Tasmania karena punggungnya yang bercorak belang. Kepunahannya hewan ini populer dikaitkan oleh petani dan pemburu hadiah hingga dinyatakan punah pada tahun 1936.

HARIMAU BALI (Panthera tigris balica)
Harimau Bali adalah subspesies harimau yang punah tahun 1937 di pulau Bali. Hewan ini punah karena kehilangan habitat dan perburuan. Tidak diketahui pasti jumlah harimau dulunya yang hidup di Bali ini, namun mengingat ukuran pulau yang kecil dan relatif kurang habitat hutan, populasi asli mungkin tidak akan pernah besar.

TOOLACHE WALLABY (Macropus greyi)
Toolache wallaby atau walabi abu-abu adalah spesies walabi yang telah punah dari wilayah tenggara Australia Selatan dan Victoria barat daya. Kerusakan habitat merupakan penyebab punahnya spesies ini, upaya penangkaran pernah dilakukan namun hewan ini tetap tidak dapat dipertahankan dan akhirnya punah pada tahun 1943.

BARBARY LION (Panthera leo leo)
Singa Barbary  adalah sub spesies singa Afrika yang diperkirakan telah punah di alam liar pada pertengahan abad ke-20 tepatnya pada tahun 1942. Di Afrika Utara, singa lokal itu punah perburuan yang berlebihan. Karena telah menghuni Pegunungan Atlas, singa ini juga dikenal dengan sebutan singa Atlas.

CARRIBEAN MONK SEAL (Neomonachus tropicalis)
Caribbean monk seal, anjing laut Hindia Barat atau serigala laut adalah spesies segel asli Karibia dan sekarang diyakini punah pada tahun 1952. Para predator utama Caribbean monk seal adalah hiu dan manusia, perburuan masal untuk dijadikan minyak dan sumber makanan merupakan alasan yang kuat kepunahan spesies anjing laut tersebut.

ARABIAN OSTRICH (Struthio camelus syriacus)
Burung unta Arab atau burung unta Suriah adalah subspesies burung unta yang telah punah yang hidup di Jazirah Arab dan di Timur Tengah. Burung ini mengalami kepunahan sejak maraknya perburuan dengan senapan api pada awal abad ke-20 dan pada tahun 1966 hewan tersebut mengalami kepunahan.

CASPIAN TIGER (Panthera tigris virgata)
Harimau Kaspia adalah subspesies harimau yang menghuni hutan-hutan jarang dan koridor sungai di barat dan selatan Laut Kaspia, dari Turki, Mesopotamia, Iran dan Kaukasus, sampai Asia Tengah sampai ke gurun Takla Makan di Xinjiang China yang punah pada tahun 1970. Harimau Kaspia merupakan salah satu kucing terbesar yang pernah ada dan digambarkan berukuran sedang antara harimau Siberia dan Bengal.

JAVAN TIGER (Panthera tigris sondaica)
Harimau jawa adalah subspesies harimau yang telah dinyatakan punah pada tahun 1979 di pulau Jawa. Harimau jawa memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan dengan subspesies lain di daratan Asia, namun lebih besar dari pada harimau Bali, dan hampir sama dengan harimau Sumatra. Harimau tersebut mengalami penurunan jumlah populasi akibat perburuan liar dan berkurangnya habitat oleh manusia pada awal hingga menjelang akhir abad ke-20.

TECOPA PUPFISH (Cyprinodon nevadensis calidae)
Pupfish adalah ikan endemik berukuran 1-1,5 inci (2,5-4 cm) yang hidup pada aliran sungai dari mata air panas di Gurun Mojave California. Ikan ini mampu hidup pada suhu yang cuckup tinggi hingga 42 derajat celcius, spesies ini dipercaya punah akibat adanya modifikasi habitat penggabungan dua mata air pada pertengahan abad ke-20 yang menjadikan habitat sumber air panas ini tidak cocok untuk ikan-ikan kecil seperti Tecopa Pupfish, sampai mereka punah di sekitar tahun 1979.

GASTRIC-BROODING FROG (Rheobatrachus silus & Rheobatrachus vitellinus)
gastric-brooding frog atau katak platipus adalah genus katak tanah yang asli dari Queensland di Australia timur. Genus hanya terdiri dari dua spesies, yang keduanya punah pada pertengahan 1980an. Genus dua spesies katak ini unik karena mereka menginkubasi tahap pra-anak mereka di perut sang induk. Habitat yang kodok ini terancam oleh babi liar, serbuan gulma, perubahan aliran dan masalah kualitas air yang disebabkan oleh gangguan hulu, dan telah dinyatakan punah pada tahun 1985.

DUSKY SEASIDE SPARROW (Ammodramus maritimus nigrescens)
Dusky seaside sparrow  atau burung gereja pesisir adalah subspesies burung gereja yang tidak berimigrasi, hidup di rawa-rawa payau alami di pulau Merritt dan di sepanjang Sungai St. Johns wilayah Florida. Burung ini punah diakibatkan terdesaknya habitat tempat hidup oleh pembangunan dan polusi serta pestisida, individu terakhir yang diketahui diketahui meninggal pada tanggal 17 Juni 1987 dan subspesies secara resmi dinyatakan punah pada bulan Desember 1990.

PYRENEAN IBEX (Capra pyrenaica pyrenaica)

Pyrenean ibex atau negara Spanyol sering menyebutnya bucardo, adalah satu dari empat subspesies dari ibex Spanyol atau kambing liar Iberia, spesies yang endemik di Semenanjung Iberia. Pyrenean ibex paling umum ditemukan di Pegunungan Cantabrian, Prancis Selatan, dan Pyrenees utara. Spesies ini sudah hidup selama Holosen dan Pleistosen Atas. Hewan ini dinyatakan punah pada bulan Januari tahun 2000, para ilmuan tahun 2009 juga pernah berusaha untuk menghidupkan kembali spesies ini dengan upaya kloning namun hewan tersebut hanya mampu bertahan selama 7 menit dan akhirnya mati.

Mungkin hanya sebatas itu yang bisa saya tampilkan, sebenarnya masih ada beberapa spsies hewan lain yang telah hilang atau mengalami kepunahan pada abad ke-20 seperti Bubal hartebeest, Syrian wild ass, Carolina parakeet, Crescent Nail-tail wallaby, Japannese sea lion dan sebagainya. Sekian dari saya semoga bermanfaat


References
Science Nature Page
Wikipedia
The UICN Red List

Komentar

Postingan Populer