Hewan yang punah abad ke-21 (Animals extinct in the 21th century)

Heyy yoo selamat datang 
kali ini saya akan melanjutkan info dari post sebelumnya nih tentang spesies hewan yang punah pada tahun 2001 sampai saat ini(2017). Menurut kalian spesies hewan apa saja sih yang telah hilang dari muka bumi ini pada abad ke-21 yang sudah dikatakan sebagai era modern, berikut infonya.

PIPISTRELLE PULAU CHRISTMAS (Pipistrellus murrayi)
Pipistrelle Pulau Christmas adalah spesies kelelawar vesper yang hanya ditemukan di Pulau Christmas, Australia. Hewan ini merupakan kelelawar yang berukuran kecil dengan berat sekitar 3-4,5 gram. Spesies ini memakan serangga dan bertengger pada cekungan pohon atau vegetasi yang membusuk. Spesies ini sekarang dianggap punah, dengan kelelawar terakhir terlihat pada bulan Agustus 2009 tanpa penampakan lebih lanjut meskipun ada upaya intensif untuk menemukan spesies tersebut. Penyebab kemerosotan pipeline Pulau Christmas tidak diketahui, beberapa kemungkinan yang paling besar adalah akibat predasi dan kerusakan habitat.

Badak Vietnam (Rhinoceros sondaicus annamiticus)
Rhinoceros sondaicus annamiticus atau dikenal sebagai Badak Jawa Vietnam atau Badak vietnam merupakan badak yang pernah hidup di sepanjang Vietnam, Kamboja, Laos, Thailand dan Malaysia. Istilah Annamiticus berasal dari nama Annamite dari Pegunungan Indocina di Indocina. Subspesies ini dan badak jawa dari Indonesia memiliki garis keturunan yang sama pada 2 juta tahun yang lalu. Pada tahun 2006, satu populasi, diperkirakan kurang dari 12 badak yang tersisa, tinggal di daerah hutan dataran rendah di Taman Nasional Cat Tien di Vietnam. Individu terakhir dari populasi ini ditembak oleh seorang pemburu pada tahun 2010 dan akhirnya hewan ini telah dinyatakan punah pada tahun 2011.

WESTERN BLACK RHINOCEROS (Diceros bicornis longipes)
Badak hitam barat  atau badak hitam Afrika Barat adalah subspesies badak hitam diyakini secara genetik berbeda dari subspesies badak lainnya. Badak ini terakhir terlihat di alam liar tahun 2006 dan akhirnya pada tahun 2011 badak ini dinyatakan telah punah.  Persebaran habitat dari spesies badak ini meliputi Angola, Kenya, Mozambique, Namibia, South Africa, United Republic of Tanzania, Zimbabwe, Ethiopia, Cameroon, Chad, Rwanda, Botswana, Malawi, Swaziland, and Zambia. Upaya konservasi badak ini sudah dilakukan sejak lama, namun jumlahnya terus mengalami penurunan akibat maraknya perburuan cula hewan ini.

GREBE ALAOTRA (Tachybaptus rufolavatus)
Gambar terkait
Grebe alaotra adalah salah satu spesies unggas endemik di Danau Alaotra dan danau sekitarnya di Madagaskar. Grebe alaotra merupakan jenis unggas air bertubuh relative kecil dengan bulu cokelat kelabu dan jingga pada bagian bawah kepala hingga leher. Kepunahan dari hewan ini diklaim karena perbuatan manusia dan secara resmi mengalami punah pada tahun 2010, setelah sekian tahun tidak terlihat di habitatnya terakhir pada tahun 1985.

EASTERN COUGAR (Puma concolor couguar)

Eastern cougar/ Cougars Timur merupakan subspecies dari kucing puma, panther, cougar atau kucing hantu yang hidup di dataran Amerika terutama wilayah Amerika Utara. Cougars Timur dianggap punah oleh U.S. Fish and Wildlife pada tahun 2011. Cougar Timur dahulu pernah berkembang pesat, namun menjadi korban perburuan hadiah dan juga menderita karena menurunanya populasi mangsa utama mereka rusa berekor putih. Hilangnya predator teratas ini telah menyebabkan meroketnya populasi rusa sehingga menimbulkan ketidakseimbangan ekosistem hutan Timur.

PINTA ISLAND TORTOISE (Chelonoidis abingdonii)
Kura-kura Pulau Pinta, juga dikenal sebagai kura-kura raksasa Pinta adalah spesies kura-kura yang berasal dari kepulauan Galápagos tepatnya di Pulau Pinta Ekuador. Kura-kura ini merupakan herbivora yang memakan sayuran, rumput, buah, dan bantalan kaktus. Kura-kura ini juga dapat meminum air dalam jumlah besar yang kemudian dapat mereka simpan di tubuh mereka untuk waktu yang lama, sehingga dapat bertahan hidup lama tanpa makanan dan air.  Ukurannya hewan ini yang besar dan termasuk megafauna pada zaman dahulu sering diburu untuk diambil dagingnya. Menjelang akhir abad ke-19, sebagian besar kura-kura Pulau Pinta telah musnah karena berburu. Pada pertengahan abad ke-20, spesies tersebut diasumsikan punah sampai seekor kura-kura jantan tunggal ditemukan di pulau itu pada tahun 1971. Upaya pelestarian terus dilakukan untuk kura-kura pejantan itu yang diberi nama Lonesome George dengan cara mengawinkan silang dengan spesies lain, namun tidak ada telur yang bisa ditetaskan. Pada akhirnya tanggal 24 Juni 2012, Lonesome George meninggal dan spesies kura-kura pinta raksasa tersebut dinyatakan telah punah.

FORMOSAN CLOUDED LEOPARD (Neofelis nebulosa brachyura)
Formosan clouded leopard atau macan dahan formosa adalah suatu subspesies macan dahan yang endemik di pulau Taiwan, yang dianggap sudah punah pada tahun 2013. Macan dahan formosa adalah karnivora terbesar kedua di Taiwan setelah beruang hitam Formosa. Setelah meluasnya penebangan hutan di habitat alami macan dahan membuatnya terdesak ke wilayah Gunung Yushan dan Gunung Tawu, selain itu perburuan liar kulit hewan ini juga dituduh menjadi penyebab macan ini punah. Seorang peneliti telah berusaha mengamati eksistensi dari hewan ini betahun-tahun tetapi tetap belum menemukan petunjuk tersisanya hewan ini di habitatnya.

LONG JAW TRISTRAMELLA (Tristramella sacra)
Long jaw tristramella atau Tristramella rahang panjang merupakan salah satu spesies ikan cichlid endemik yang hidup di danau Galilea, Israel. Spesies ini mampu tumbuh hingga sepanjang 28 cm (11 inci), sehingga hewan ini juga termasuk pada ikan konsumsi bagi masyarakat sekitar. Keberadaan dari ikan ini belum tercatat sejak tahun 1990, terlepas dari penelusuran kedua danau dan pasar lokal, dan karena itu mungkin punah. kehancuran habitat serta tempat perkembangbiakan spesies ikan ini akibat pembangunan pengangangkut air nasional Israel dari danau Galilea hingga Jordan diperkirakan penyebab punahnya ikan tersebut dan pada akhirnya pada tahun 2014 hewan ini resmi telah dinyatakan mengalami kepunahan.

BERMUDA SAW-WHET OWL (Aegolius gradyi)
Bermuda saw-whet owl adalah spesies burung hantu yang hidup di Alaska selatan ke arah timur ke Nova Scotia, ke selatan sampai utara Amerika Serikat. Burung hantu ini memiliki tubuh kecil dengan warna bulu cokelat belang putih dan memiliki bulu berwarna putih berbentuk huruf “Y” pada atas paruh hingga atas mata. Pada tahun 2014, burung hantu ini dinyatakan punah. Tidak diketahui apa yang menyebabkan kepunahan burung ini, tetapi penurunan jumlah  pohon cedar dan palmetto serta persaingan antar predator lain diyakini sebagai penyebab kepunahan burung ini.

BRAMBLE CAY MELOMYS (Melomys rubicola)
Melomys Cay Bramble, atau tikus berambut mosaik Bramble Cay adalah spesies tikus pengerat yang sudah punah dari keluarga Muridae dan subfamili Murinae. Pengerat ini hidup terisolasi di Australia, tikus ini hanya diketahui memiliki populasi kecil di Bramble Cay. Pengerat ini belum pernah terlihat sejak tahun 2007 sehingga para ilmuwan berupaya untuk melakukan pencarian karena dikhawatirkan hewan telah hilang. Pada bulan Juni 2016, para periset dari Departemen Perlindungan Lingkungan dan Warisan Queensland dan University of Queensland bersama-sama melaporkan bahwa spesies tersebut telah punah akibat oleh peristiwa alam berupa gelombang pasang surut air laut yang menyebabkan hilangnya habitat dan sumber makanan dari pengerat ini. Hal ini mungkin menjadi peristiwa kepunahan mamalia pertama yang tercatat akibat perubahan iklim antropogenik.

References
Science Nature Page
Wikipedia
The Christian Sciece Monitor
UICN Red List

Komentar

Postingan Populer